Istilah bunga flat sedikit banyak pasti anda ketahui saat memperhatikan pada brosur-brosur penjualan properti seperti rumah atau sepeda motor. Bahkan pada beberapa aplikasi kalkulator pinjaman memang dikhususkan untuk menghitung bunga jenis ini. Bagi anda yang belum tahu, Inilah beberapa fakta soal bunga flat tersebut :

  • Prinsip dasar dari bunga flat

Secara umum bunga pinjaman berdasarkan konsistensi nilainya terdiri atas bunga flat dan bunga efektif. Kedua bunga ini memiliki prinsip yang sedikit berbeda sehingga bila anda menghitung dengan kalkulator pinjaman perhatikan kalkulator itu pakai sistem yang mana. Hal ini karena nilai yang tertera juga akan berbeda.

Prinsip dari bunga flat memiliki prinsip berpatokan tetap pada nilai pinjaman total  atau harga jual awal  yang ditetapkan oleh pihak penjual untuk dilunasi sebelum barang berpindah tangan ke konsumen. Jumlah pinjaman atau harga jual tersebut selanjutnya akan dibagi dengan tenor (jumlah bulan pelunasan) sebagai angsuran pokok. Berikutnya ditambahkan lagi dengan perhitungan bunga flat yang dihitung dari persentase bunganya dikalikan dengan jumlah pinjaman total dibagi dengan tenor. Di mana pada bunga flat, jumlah bunga cicilannya akan selalu konstan sama di setiap periode

  • Bunga flat vs bunga efektif

Perhitungan cicilan menggunakan bunga flat akan selalu konstan karena patokannya hanya 1 yaitu jumlah awal hutang. Sementara pada bunga efektif nilai angsurannya menurun seiring periode secara bertahap karena patokannya adalah sisa hutang yang belum terbayar

Kedua jenis bunga ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dengan sistem bunga efektif , semakin berjalannya periode maka jumlah cicilan akan berkurang, setidaknya akan sedikit meringankan. Namun karena jumlahnya tidak tetap maka debitur harus selalu melakukan perhitungan untuk mempersiapkan berapa dana yang harus disiapkan hari itu. 

Sementara pada bunga flat, debitur tidak perlu lagi repot hitung berulang kali setiap periode. Cukup sekali perhitungan maka nilai angsuran itu yang akan dipersiapkan untuk melunasi. Namun karena jumlahnya konstan maka bila anda melakukan pencicilan dengan tenor panjang maka nilai nya akan cukup besar tanpa ada pengurangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *