Masakan chinese food itu banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah dim sum. Biasanya dim sum dihidangkan bersama the. Cara memasak dimsum bisa dengan dua cara, yakni dengan digoreng atau dengan cara dikukus. Dim sum yang dikukus tersebut biasanya dimasak dengan menggunakan suatu alat masak khusus, yakni chinese steamer.

Aneka Jenis Chinese Steamer

Chinese steamer pada jaman dahulu mungkin hanya terdiri dari satu jenis saja namun kini sudah ada jenis alternatif lain dari klakat atau kukusan dimsum tradisional atau traditional chinese steamer sebagai hasil pengembangan teknologi dan yang dimaksudkan untuk mengatasi berbagai kelemahan yang ada pada kukusan dimsum tradisional tersebut. Berikut ini adalah chinese steamer yang ada pada saat ini.

Klakat atau Kukusan Tradisional atau Traditional chinese steamer

Pertama ada klakat atau traditional chinese steamer atau kukusan tradisional. Alat masak tradisional yang telah ada sejak puluhan tahun lalu ini terbuat dari bambu. Sayatan bambu yang telah tua lalu dijalin sedemikian rupa sehingga berbentuk lingkaran yang memiliki lubang-lubang yang bisa digunakan untuk menjadi tempat untuk mengukus berbagai jenis dim sum.

Modern chinese steamer

Kemudian kini ada juga modern chinese steamer, yakni chinese steamer yang terbuat dari bahan material alumunium. Bentuknya mirip dengan tradisional chinese steamer, hanya bahan materialnya saja yang berbeda, dan bentuk lubang-lubangnya saja yang berbeda. Penggunaan alat kukusan modern chinese steamer yang terbuat dari alumunium ini cukup mudah bahkan lebih mudah perawatannya daripada traditional Chinese steamer yang terbuat dari bambu.

Kelebihan dan Kekurangan Traditional Chinese Steamer

Tradisional chinese steamer atau kukusan bambu ini memiliki kelebihan berupa bobotnya yang ringan dan tidak terlalu panas pada saat diangkat ketika dim sum sudah matang. Harganya juga murah dan hasil masakannya baik itu dim sum atau yang lainnya akan memiliki aroma yang khas  yakni aroma khusus yang dihasilkan dari bau bambu yang diuapi, sehingga bisa menambah selera makan. Tak heran jika masih banyak yang setia menggunakan alat kukusan bambu ini. Hanya saja terdapat kekurangan dari traditional chinese steamer ini, yakni dalam hal perawatannya yang relatif sulit. Hal ini disebabkan karena jenis materialnya yang berupa bambu itu sangat mudah terkena jamur jika tidak segera dibersihkan dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan setelah dipakai. Cara membersihkannya juga agak sulit, terutama jika ada sisa bahan makanan atau dim sum yang lengket dan tertinggal pada alat kukusan bambu ini. Tradisional chinese steamer ini juga mudah rusak apabila sudah dipergunakan selama beberapa kali maka harus segera diganti dengan yang baru, dan juga tak bisa langsung digunakan  namun alat Kukusan bambu yang masih baru tersebut harus dikukus kosong dulu satu kali kemudian dicuci baru bisa dipergunakan.

Pilihlah jenis chinese steamer sesuai selera dan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *