Bekerja pada sistem pergudangan, membuat Anda harus mengenal modul umum Warehouse Management System. Ini adalah materi dan hal-hal yang akan dilakukan dalam sistem pergudangan tersebut. Adapun aneka modul yang dimaksud, antara lain :

  1. Inventory Control

Ini adalah sebuah pergerakan yang fungsinya mengecek atau juga melacak ketersediaan barang, berdasarkan identitas barang, yang ada di setiap lokasi dan juga site.

2. Item Management

Hal yang mampu mengatur informasi dari setiap atribut data barang, hingga seseorang mudah memperoleh informasi dimana letak barang yang ada di area gudang dan kapan barang keluar.

3. Floating Location System 

Modul ini berfungsi untuk penempatan barang, yang dapat ditempatkan berbagai lokasi dalam gudang. Gudang seperti ini akan menggunakan sistem yang lebih modern dan terkomputerisasi. Maksudnya sistem pergudangan menggunakan floating location system dan warehouse management system, dimana barang dapat diletakkan dimana saja, asalkan lokasi tersebut dapat di update di system. Terutama barang yang sudah menggunakan barcode.

4. Integrasi dengan Barcode

Ini adalah sistem yang akan mempermudah seseorang melacak berbagai macam barang. Ketika semua barang sudah terintegrasi dengan barcode scanner, maka setiap identitas barang, dapat dibaca dan dipantau secara lebih akurat. Dengan adanya integrasi barcode scanner dalam system WMS, tentunya juga mampu membantu, dalam proses update pengurangan dan penambahan stok secara real time.

5. Gridding System

Dimana sebuah warehouse atau gudang yang baik, tentunya harus mempunyai grid atau lokasi yang telah dipetakan sebelumnya. Terutama lokasi bagian dalam gudang. Hal ini dilakukan untuk memetakan berbagai macam barang yang nantinya disimpan dalam gudang itu sendiri. Sebuah Gridding system yang baik, akan membagi gudang dalam beberapa section atau bagian, guna menyimpan barang tertentu, seperti papan catur, dll. Satu Grid umumnya berukuran 3m x 3m, dan 1 grid akan dibagi jadi 3 sub grid.

6. Cross Docking

Ini adalah sistem distribusi, dimana barang dagangan akan diterima di warehouse atau pada distribution center, yang nantinya tidak akan disimpan lagi, melainkan langsung dipersiapkan dalam proses pengiriman selanjutnya.

Dengan adanya informasi seperti ini, kini Anda akan lebih mengerti tentang modul dan juga fungsi dari modul umum Warehouse Management System, yang akan membantu Anda lebih mudah dalam mengelola gudang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *