Kini, pembangunan rumah sudah mulai dilakukan seminimalis mungkin bukan? Minimalis dalam artian dimana Anda sudah mencari bahan substitusi lain yang mungkin lebih efektif dibandingkan dengan bahan yang sebelumnya digunakan untuk membangun rumah Anda karena memiliki kelebihan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan bahan – bahan yang lama.

Nah, hal ini juga berlaku pada rangka baja ringan atap rumah, dimana dapat difungsikan sebagai pembuatan rangka atap yang dulunya menggunakan kayu sebagai kerangka atap yang ada di rumah – rumah. Nah, penasaran kah kalian sebenarnya apa saja keuntungan penggunaan rangka baja ringan ini sebagai bentuk subtitusi kayu sebagai rangka atap rumah Anda? untuk informasi selanjutnya, yuk simak informasi berikut mengenai keuntungan menggunakan rangka baja ringan.

Kekuatan Tegangan dan Daya Tarik Tinggi

Keuntungan pertama karena telah menggunakan rangka baja ringan adalah karena baja ringan ini memiliki sifat yang kuat untuk tegangan serta memiliki daya tarik yang tinggi. Memang, baja ringan dikenal sebagai rangka atap yang ringan, namun, jangan salah karena dibalik keringanannya tersebut, tersembunyi kekuatan tegangan tarik yang cukup tinggi sekitar 550 Mpa. Nah, hal ini secara perhitungan sudah jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan baja konvensional atau bahkan rangka atap yang menggunakan kayu. Hal ini dapat terjadi karena baja ringan memiliki sifat yang lentur dan mampu menyerap energi dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan jenis rangka atap lainnya.

Pemasangan Mudah Serta Efisien

Hal kedua yang menjadi keuntungan dari adanya rangka baja ringan ini adalah pemasangannya yang cukup mudah dan juga efisien. Mengapa? Karena sifatnya yang ringan, pemasangan rangka atap dengan menggunakan rangka baja ringan akan lebih menghemat waktu dan juga biaya pengerjaan. Hal ini dilakukan karena selain bobotnya yang ringan, rangka baja ringan juga mempermudah pada proses konstruksi serta pemasangan baja ringan itu sendiri. Hal itu dikarenakan proses pemasangan sambungan tidak serumit dengan rangka atap lainnya. Rangka baja ringan hanya bmembutuhkan sambungan yang berupa baut, keeling, skrup, atau las, yang notabenenya sangat mudah dicari atau dilakukan. Selain itu, sambungan yang seperti ini juga mampu membuat baja ringan mudah dirangka dengan bahan lainnya seperti kayu dan juga beton

Bentuk Bervariasi dan Mengikuti Banyak Model Atap

Nah, hal selanjutnya yang menjadi keuntungan penggunaan rangka baja ringan adalah karena modelnya yang bervariasi. Ya, betul sekali. Bahwa rangka baja ringan memiliki bentuk yang bervariasi yang sangat mudah sekali disesuaikan dengan bentukan atap. Hanya saja pada proses pemasangannya juga harus disesuaikan dengan pembebanan yang nantinya menjadi tumpuan rangka tersebut.

Nah, itu dia beberapa keuntungan rangka baja ringan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam menggunakan rangka baja ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *